Sabtu, 03 Juli 2010

Apakah Arti Cinta?

Terdapat berbagai defenisi cinta, berikut merupakan definisi cinta yang dipetik dari berbagai sumber (^_^):

1. Cinta itu tentang komitmen

Cinta memerlukan sebuah komitmen dan tidak boleh dianggap main-main. Perlu dirancang dan dilaksana sebaik mungkin.
Pertengkaran terkadang muncul dengan sewajarnya, tetapi jangan biarkan hal itu menjadi berlarut-larut, hingga akhirnya melahirkan penyesalan. Memaksakan kehendak dan mengabaikan tanggungjawab pada pasangan sebaiknya dihindari. Untuk yang telah menikah, nafkah wajib dipenuhi. Amanah sebagai suami isteri harus ditunaikan dengan sebaiknya. Komitmen sebagai suami yang mithali, ummi yang solehah, agar dapat melahirkan anak-anak yang afiq, yang arif, yang anis, yang santun. Menjadikan rumah tangga dipenuhi mahabbah, mawaddah dan sakinah(^_^)

2. Cinta itu intuitive

Cinta itu sifatnya naluri. Seperti kata orang, “cinta itu dari hati”. Mencintai dengan penuh kehangatan adalah bila kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang kita sayang.
Jika tidak ingin disakiti, kita tidak boleh menyakiti hati orang lain. Jika ingin disayang, kita akan memberi kasih sayang seluhurnya. Kita akan segara tahu bila muncul rasa bimbang di hatinya, seperti cinta ibu pada anak-anaknya.

3. Cinta itu anugrah

Anugrah disini beda dengan anu gratis loh... hehe
Ketika Nabi Adam merasakan kesunyian. Allah ciptakan Hawa sebagai pendampingnya. Rasa ingin disayanagi dan menyayangi itu fitrah manusia. Jadi wajar bila kita mendambakan seseorang karena cinta. Cinta itu benar dan suci.

4. Cinta adalah klimaks dari kehidupan

Bila ada rasa cinta, kita akan sama-sama bekerjasama dan saling mengasihi. Itulah nilai yang mengikat kita semua untuk terus bersatu. Sekuat cinta Tuhan yang memberikan berbagai nikmat hidup, cinta itu di puncak kehidupan.

5. Cinta itu sifatnya altruistik

Pasti masih gak ngeh dengan kata itu?? Altruistik maknanya melebihkan orang lain dari diri sendiri atau kerelaan berkorban untuk orang lain. Bak kata Ustaz Hasrizal, makna hidup pada memberi. Bila sudah cinta, kita sanggup berkorban untuk yang kita cinta dan kasihi.
Bila ada niat untuk membahagiakan yang lain, maka kita akan usahakan yang terbaik untuk memenuhi kehidupannya dengan bahagia dan sempurna. Kata Abang Ed, bila kita tolong orang, Allah akan membantu kita, menambah nikmat untuk kita. Indahnya…..

2 comments:

yunK mengatakan...

Mantappppppp... hhe :D

Indriyani mengatakan...

Makasih yunK ^_^

Posting Komentar